MENU

Translator

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kamis, 20 September 2012

Tujuh Makanan Pelindung Jantung

• Minyak Zaitun
Berdasar studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition, sesendok minyak zaitun mampu mengurangi risiko serangan jantung sebanyak 28 persen. Dan, dua sendok makan minyak zaitun setiap hari mengurangi hampir setengah risiko kematian dini akibat penyakit tersebut.

Minyak zaitun yang dikenal baik dalam metode Diet Mediterania ini mengandung polifenol dan lemak tak jenuh yang baik bagi kesehatan. Dua zat ini berperan besar dalam mencegah terjadinya peradangan dan mengurangi risiko penyumbatan pembuluh darah.

• Semangka
Studi Florida State University telah mengungkap bahwa konsumsi semangka dapat menurunkan tekanan darah tinggi, yang mendukung stabilitas kondisi jantung. Senyawa alami semangka berperan "melebarkan" pembuluh darah, sehingga jantung tak harus bekerja keras memompa darah ke seluruh tubuh.
WHO Food juga mendukung temuan ini. Semangka tak hanya sebagai sumber vitamin C dan vitamin A yang baik, tapi juga mengandung zat antioksidan serta likopen yang berperan menetralisasi radikal bebas, dan mengoksidasi kolesterol.

• Leci
Pencegahan penyakit jantung juga bisa dilakukan dengan memperbanyak konsumsi leci. Kandungan polifenol alami yang cukup tinggi di dalamnya memiliki efek kardioproteksi, menghambat agregrasi trombosit, memiliki efek vasorelaksasi, juga melindungi sel endotel pembuluh darah dari stres oksidatif.

• Salmon
Jenis ikan ini kaya asam lemak omega 3 yang terbukti dapat membantu mencegah penyakit jantung. Asupan salmon juga membantu mencegah penumpukan plak jahat di dinding arteri yang berpengaruh buruk terhadap kesehatan jantung.

• Tomat
Merupakan santapan alami yang kaya lycopene, suatu karoten yang mencegah penumpukan kolesterol jahat (LDL) di dinding arteri. Asupan tomat berperan mencegah penyumbatan arteri yang tentu mendukung kesehatan jantung.

• Kenari
Memiliki kadar tinggi lemak tak jenuh yang membantu hati memproduksi lebih banyak kolesterol baik untuk membantu jantung bekerja dengan baik.

• Dark chocolate
Jenis cokelat hitam ini membantu jantung Anda dengan dua cara. Tidak hanya memperlancar aliran darah, tapi juga terbukti dapat membantu menstabilkan tekanan darah.

Sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar