MENU

Translator

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Selasa, 09 Oktober 2012

Fakta tentang Uban

Sebut saja rambut beruban, berbagai fakta yang dipersoalkan dikalangan masyarakat. Ada yang mengatakan rambut yang cepat beruban adalah disebabkan penuaan malah ada juga mengatakan disebabkan faktor keturunan. Rambut akan menjadi beruban setelah sel-sel melanosit di folikel rambut berhenti menghasilkan pigmen warna. Melanin rambut terdiri dari dua jenis yaitu eumelanin yang berwarna coklat tua atau hitam dan pheomelanin yang berwarna kuning atau merah. Konsentrasi dan kombinasi keduanya dalam berbeda menciptakan spektrum yang luas dari warna rambut manusia, dari hitam pekat sampai berwarna pirang terang. Rambut yang telah kehilangan sebagian besar melanin akan berwarna seperti abu-abu, rambut yang telah kehilangan semua pigmen itu akan berwarna putih. Proses kehilangan melanin ini biasanya berperingkat.

1) Rambut Beruban disebabkan oleh faktor penuaan Sel-sel kulit akan menghasilkan sejumlah kecil hidrogen peroksida dari siklus oksigen di tubuh. Penuaan menyebabkan produksi enzim katalase berkurang dan mengganggu produksi melanin. Meski demikian, lebih cepat memiliki rambut beruban tidak berarti lebih cepat tua. Sebuah penelitian pada sekitar 1,200 orang di Rancho Bernardo, California, misalnya, menunjukkan bahwa pertumbuhan uban tidak berhubungan dengan tingkat kepadatan tulang di usia lanjut.

2) Faktor keturunan Keturunan juga dijadikan antara faktor rambut beruban. Kadangkala pertumbuhan uban lebih cepat dari orang yang berusia lanjut.

3) Stress bisa menyebabkan rambut beruban. Ketidakseimbangan hormon atau stress juga dapat mempengaruhi gaya hidup dan bisa  memiliki rambut beruban dengan cepat.

4) Kekurangan nutrisi Kekurangan zat serta nutrisi dalam tubuh juga bisa mempengaruhi. Perubahan warna rambut karena kekurangan nutrisi biasanya bersifat reversibel. Jika masalahnya diperbaiki, warna rambut akan kembali normal.

5) Mencabut rambut beruban tidak menyebabkan rambut menjadi banyak. Berlawanan dengan kepercayaan umum, mencabut rambut beruban tidak akan membuat lebih banyak rambut beruban yang tumbuh menggantikannya. Yang biasanya terjadi adalah rambut anda sudah dalam proses beruban dan ada tunas-tunas baru di sebelah rambut yang dicabut. Setelah rambut beruban dicabut, mereka seperti tumbuh untuk menggantikannya dalam jumlah yang lebih banyak.


Sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar