MENU

Translator

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Rabu, 21 Maret 2012

5 Pertimbangan Sebelum Membeli Flashdisk



KOMPAS.com - Perangkat USB Flashdisk (UFD) merupakan perangkat penyimpanan data yang sangat populer. Dari waktu ke waktu, sudah semakin banyak bermunculan bermacam-macam USB Flashdisk. 

Para pengguna USB Flashdisk dihadapkan dengan pilihan yang beragam mulai dari kapasitas, bentuk, harga dan kemampuan yang bervariasi.

Tak bisa dipungkiri, dengan pilihan yang semakin banyak ini para pengguna USB Flashdisk pun menjadi kebingungan untuk menjatuhkan pilihan yang tepat.

Berikut adalah lima hal yang perlu dipertimbangkan, ketika sedang memilih USB Flashdisk.

1. Casing

Casing menjadi salah satu elemen yang harus diperhatikan dalam memilih Flashdisk. Bukan hanya warna dan bentuk yang menarik, tetapi Anda harus memperhatikan kekuatan casing.

Casing Flashdisk yang bagus adalah casing yang akan kuat melekat melindungi bagian dalam Flashdisk. Casing Flashdisk harus benar-benar kuat terutama karena dalam penggunaannya akan berulangkali harus ditancapkan dan dicabut.

Selain kekuatan casing, ukuran casing juga harus diperhatikan. Jangan sampai ukuran casing yang terlampau besar jadi menghalangi port USB yang bersebelahan sehingga tidak bisa digunakan. Flashdisk yang ramping lebih mudah dibawa dan mudah pula ditancapkan pada port USB yang berdampingan.

Masih berkaitan dengan casing, bagian penting pada casing yang perlu Anda perhatikan adalah penutup Flashdisk. Sebaiknya pilihlah tutup yang menyambung pada badan Flashdisk.

Sebab bagian tutup mudah longgar karena sering dibuka dan ditutup sehingga sering terjadi, tutup Flashdisk akan hilang karena sudah lama dipakai. Bila tutup hilang, maka Flashdisk rentan mengalami kerusakan karena benda-benda asing yang masuk ke mulut Flashdisk.

2. Kapasitas Penyimpanan
Kini kapasitas Flashdisk semakin beragam tersedia di pasaran. Kapasitas yang terlampau kecil semakin sulit ditemukan, sedangkan kapasitas yang semakin besar terus bermunculan.

Selain itu, harga Flashdisk pun semakin terjangkau. Nah, kapasitas Flashdisk yang mesti Anda pilih bergantung pada tujuan penggunaannya dan juga kemampuan daya beli Anda.

Sebagai gambaran, untuk keperluan transfer dokumen dibutuhkan kapasitas 1-2 GB, untuk keperluan transfer foto dan musik diperlukan kapasitas 2-6 GB, untuk transfer file film dibutuhkan 4-12 GB, lalu untuk menjalankan program-program portabel diperlukan kapasitas 1-2 GB, untuk menjaga keamanan USB flash drive Anda diperlukan ruang sebesar 1-2 GB.

3. Kecepatan Transfer Data

Kecepatan transfer data adalah kecepatan yang dimiliki Flashdisk untuk membaca data dan menyimpan data. Kecepatan membaca data biasanya lebih tinggi daripada kecepatan menyimpan.

Kecepatan membaca tertinggi pada Flashdisk mencapai 34 Mbyte/s (272 Mbit/s), sedangkan untuk kecepatan penyimpanan maksimal mencapai 28 Mbyte/s (224 Mbit/s).

Sementara itu kecepatan transfer data dari USB 2.0 berkisar antara 14 Mb/s hingga 24 Mb/s. Tetapi kecepatan tersebut nantinya akan menurun jika menggunakan kabel USB atau USB hub.

4. Fitur Keamanan

Pada umumnya Flashdisk memiliki fitur menyimpan dan menampilkan data saja. Untuk Flashdisk yang memiliki fitur dasar seperti ini, para penggunanya harus melakukan modifikasi dengan menambahkan beberapa software agar Flashdisk memiliki fitur tambahan.

Misalnya saja penambahan software keamanan untuk menambahkan fitur pengaman data pada Flashdisk.

Nah, bila Anda tidak ingin repot soal keamanan data di dalam Flashdisk, Anda bisa memilih Flashdisk yang sudah dilengkapi dengan fitur keamanan.

Bahkan, saat ini telah tersedia Flashdisk dengan sistem fingerprint yang mampu memberikan keamanan tingkat tinggi terhadap data yang tersimpan.

Untuk mengakses data di dalam Flashdisk dengan sistem fingerprint ini diperlukan sidik jari. Sensor yang unik membuat hanya satu orang saja yang dapat mengakses sistem keamanan ini.

5. USB Flashdisk untuk pelancong

Bagi Anda yang memiliki keharusan untuk melakukan traveling dengan membawa data penting dan menghadapi banyak resiko dalam perjalanan, maka sebaiknya pilihlah Flashdisk yang secara khusus dirancang untuk keadaan seperti ini.

Flashdisk jenis ini memiliki desain yang kuat dan kokoh. Desain ini dibuat untuk menghadapi kondisi ekstrim seperti temperatur panas yang tinggi, gesekan yang berlebihan atau tingkat kelembaban yang tinggi.

Tipe ini dibuat dengan casing dari karet atau metal serta memiliki ketahanan terhadap air.
Sumber :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar