MENU

Translator

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kamis, 29 Maret 2012

Inilah..7 Cara Menghemat Bahan Bakar

:ngacir2ANGGARAN belanja bahan bakar akan bertambah seiring dengan meningkatnya harga beli bahan bakar minyak terutama premium . Nah, untuk meringankan pengeluaran transportasi terutama bahan bakar untuk kendaraan roda empat, ikuti tips berikut ini yah 



1. Gunakan rem dengan benar 
Bahan bakar digunakan untuk akselerasi. Untuk mempertahankan kecepatan mobil pergunakan rem dengan seksama. Perhatikan dan antisipasi mobil-mobil di depan untuk menghindari kehilangan momentum saat menginjak rem. Sementara itu pada lalu lintas padat, sebuah kendaraan akan memakan 10-20 persen bahan bakar. 

2. Gunakan cruise control 
Jika mobil dilengkapi cruise control akan menghemat penggunaan bahan bakar. Pertahankan kecepatan secara konstan, hal ini tidak akan memicu penggunaan bahan bakar berlebih. 

3. Jika berhenti sementara pindahkan gigi ke netral 
Ketika berhenti di lampu merah atau parkir, pindahkan ke gigi netral. Hal ini berguna mengurangi ketegangan transmisi. 

4. Kurangi berat bawaan 
Semakin berat mobil, semakin banyak bahan bakar yang diperlukan untuk menjalankan mobil. Selain itu jangan biarkan tangki kosong sampai status 'empty' lalu baru mengisi bahan bakar. 

5. Pilih rute terbaik 
Jika rute perjalanan Anda melewati banyak pemberhentian lampu merah tentunya akan meningkatkan jumlah pemakaian bahan bakar. Carilah jalan pintas atau rute terdekat menuju tempat tujuan. 

6. Matikan AC 
Untuk menghemat bahan bakar sebaiknya nyalakan AC 5-10 menit sebelum mencapai tempat tujuan. Sebab mobil akan tetap dingin dalam waktu singkat. Tips lainnya parkir kendaraan di tempat teduh sehingga tidak akan bekerja keras untuk mendinginkannya. 

7. Periksa filter udara 
Hampir 25 persen mobil perlu mengganti filter udara. Cara tersebut mampu menghemat bahan bakar sebesar 10 persen.  



(Mediaindonesia)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar