MENU

Translator

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sabtu, 19 Mei 2012

10 PEKERJAAN PALING DIMINATI DI INDONESIA

Bekerja adalah salah satu tuntutan hidup manusia, untuk memenuhi kebutuhan hidup. Meskipun bekerja tidak selamanya harus menjadi pegawai, dapat juga membuka lapangan usaha sendiri untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan tentu saja sebagai sarana beribadah. Di Indonesia yang notabene lapangan pekerjaan yang tersedia kurang dapat memenuhi angkatan kerja yang membutuhkan pekerjaan. Berikut ini adalah sepuluh pekerjaan yang diminati di Indonesia, yang diambil dari beberapa sumber.
Pekerjaan

 10. TKI

Salah satu pekerjaan yang paling diminati di Indonesia adalah sebagai tenaga kerja di luar negeri atau yang disebut Tenaga Kerja Indonesia. Yang dimaksud TKI disini adalah warga negara Indonesia yang bekerja di luar negeri baik sebagai tenaga ahli, ilmuwan, pekerja kantoran hingga buruh. Tercatat jumlah TKI (yang bekerja sebagai PRT, buruh pabrik dll) yang dikirim keberbagai negara seperti Arab Saudi, Malaysia, Korea, Singapura dan lain-lain tahun 2007 sebanyak 2.7 juta jiwa. Angka yang tidak sedikit, namun ironisnya pahlawan devisa ini kerap menjadi lahan pungli oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Pemerintah juga tidak menaruh perhatian yang besar kepada para TKI, sehingga banyak nasib para TKI berujung tragis. Namun begitu, pekerjaan sebagai TKI salah satu yang paling diminati di Indonesia, karena kurangnya ketersediaan lapangan pekerjaan di Indonesia, terutama bagi masyarakat menengah kebawah. Sudah saatnya pemerintah dan stakeholder membenahi peraturan yang menangani para TKI agar hak dan kewajiban para TKI terjamin dan merasa nyaman bekerja di luar negeri.
TKI, salah satu pekerjaan paling diminati di Indonesia.

9. BUMN

BUMN (Badan Usaha Milik Negara) adalah badan usaha yang dimiliki oleh negara sebagai aset dari suatu negara. Menurut Kementrian BUMN, jumlah BUMN di Indonesia tahun 2011 ada 142 perusahaan, dan ditargetkan akhir 2011 disusutkan menjadi 118 perusahaan dengan melakukan holding dan restrukturisasi. BUMN merupakan salah satu pekerjaan paling diminati di Indonesia, khususnya angkatan kerja produktif. Minat masyarakat untuk bekerja di BUMN ini sangat besar, seperti yang kita ketahui bekerja di BUMN akan mendapat berbagai fasilitas seperti gaji yang cukup tinggi, berbagai macam bonus, insentif, tunjangan, serta jenjang karir yang menjanjikan. Namun sangat disayangkan jumlah BUMN dengan anak perusahaannya yang mencapai lebih dari 3.000 perusahaan tidak memadai untuk dapat menyerap angkatan kerja di Indonesia yang pada tahun 2011 sebanyak 119,4 juta orang dan sulitnya menembus/masuk untuk bekerja di BUMN.
BUMN, salah satu pekerjaan diminati di Indonesia.

8. Sekretaris, PR

Pekerjaan yang paling diminati di Indonesia selanjutnya adalah Sekretaris, PR dan lainnya. Pekerjaan sebagai Sekretaris dan PR cukup diminati di Indonesia karena pekerjaan ini banyak dibutuhkan hampir oleh setiap perusahaan. Sekretaris bertanggung jawab secara langsung kepada atasan atau dapat juga disebut sebagai tangan kanan atasan. Sedangkan PR memberi tantangan dan pengalaman yang menyenangkan karena hampir di setiap pekerjaan bertemu dengan berbagai macam karakter orang. Dan rata-rata yang mengisi pekerjaan ini adalah wanita, dimana jumlah angkatan kerjanya lebih banyak dibanding pria. Dengan didukung lembaga pendidikan yang mensuport kedua pendidikan ini seperti kesekretariatan dan public relationship.
Sekretaris, pekerjaan paling diminati di Indonesia.

7. Jurnalis

Inilah pekerjaan yang memberikan banyak tantangan, hal-hal baru setiap hari dan dikejar-kejar deadline. Meskipun banyak suka dukanya namun pekerjaan sebagai Jurnalis adalah pekerjaan yang paling diminati di Indonesia. Jurnalis adalah ujung tombak dari berbagai jenis media, jadi tidak mengherankan jika gaji seorang Jurnalis (seharusnya) cukup besar. Tanggung jawab jurnalis amatlah besar, ketepatan, kecepatan, keakurasian dan berita yang ekslusif adalah tujuan dari semua media yang dibebankan kepada jurnalis.
Jurnalis, salah satu pekerjaan paling diminati di Indonesia.

6. Tourism / Pariwisata

Bekerja di perusahaan tourism atau travel agent adalah salah satu yang diminati. Banyak orang yang menginginkan bekerja di perusahaan tour, terutama bagi yang hobi traveling. Berkeliling dunia karena tuntutan pekerjaan pasti akan menyenangkan, sambil menyelam minum air. Tingginya minat masyarakat untuk mengadakan perjalanan wisata dengan didukung menjamurnya perusahaan yang bergerak di bidang pariwisata (tourism) maka dampak positif yang terjadi adalah terserapnya tenaga kerja di sektor ini.

5. Sales Promotion

Pekerjaan yang paling diminati di Indonesia selanjutnya adalah Sales Promotion atau lebih dikenal dengan SPG (Sales Promotion Girl) dan SPB (Sales Promotion Boy) terutama bagi lulusan SMK, SMA yang tidak melanjutkan ke jenjang lebih tinggi. Pekerjaan ini diminati karena fasilitas yang diberikan perusahaan tidak bisa dikatakan lumayan, tetapi menggiurkan, disamping beban pekerjaan yang selalu dikejar-kejar target. Banyak perusahaan yang memberikan bonus, tunjangan, komisi penjualan langsung disamping gaji tentunya. Hanya butuh keahlian dalam meyakinkan konsumen disertai dengan pengetahuan yang memadai mengenai produk yang akan dijualnya. Apalagi jika produk yang ditawarkan adalah mobil mewah, real estate, apartment pastinya pendapatan yang akan didapat sangat besar.

4. Marketing

Marketing adalah salah satu pekerjaan yang paling diminati di Indonesia. Beberapa orang ada yang tidak betah untuk tetap bekerja didalam kantor, maka marketing dapat menjadi pilihan. Bekerja sebagai marketing tidak menuntut untuk tetap stay dikantor, karena waktunya yang fleksibel maka pekerjaan marketing hingga sekarang masih tetap diminati, meski harus berlomba-lomba dengan target. Marketing adalah ujung tombak dari perusahaan sehingga gaji yang diperoleh pun lebih tinggi dari staf lain, misalnya administrasi, akunting, keuangan.
Marketing, salah satu pekerjaan yang paling diminati di Indonesia.

3. Bank

Bekerja di bank masih menjadi pekerjaan yang paling diminati dan paling difavoritkan. Bekerja di bank banyak diminati oleh para fresh graduate disamping itu pihak bank juga “rajin” menyerap tenaga muda, energik dan bersemangat. Gaji pegawai bank juga menjadi salah satu penunjang mengapa bekerja di bank sangat diminati, selain itu bonus, tunjangan, bonus tahunan adalah fasilitas yang diberikan perusahaan. Menurut Bank Indonesia tercatat ada 122 bank yang ada di Indonesia baik bank milik pemerintah, bank swasta, bank perkreditan, bank syariah yang kesemuanya banyak menyerap tenaga kerja.
Bank, salah satu pekerjaan paling diminati di Indonesia.

2. Profesi

Pekerjaan yang paling diminati di Indonesia selanjutnya adalah yang terkait dengan profesi misalnya; guru, dosen, dokter, arsitek, psikolog, pengacara dan lain sebagainya. Berbagai profesi ini diminati oleh masyarakat karena pekerjaan profesi untuk masa depan sangat menjanjikan. Pemerintah mengalokasikan 70% dari alokasi dana pendidikan untuk gaji guru dan dosen. Sedangkan untuk profesi dokter, arsitek, psikolog seperti yang kita tahu bahwa profesi ini membutuhkan keahlian khusus sehingga untuk membayar jasa mereka adalah bukan nominal yang sedikit.
Profesi arsitek, salah satu pekerjaan paling diminati di Indonesia.

1. PNS

Pegawai Negeri Sipil menjadi pekerjaan yang paling diminati di Indonesia. Setiap tahun pemerintah membuka penerimaan pegawai negeri sipil, meskipun ada isu moratorium yang direncanakan oleh pemerintah yang terkesan tarik ulur tetapi tidak menyurutkan masyarakat untuk menjadi PNS. Seperti yang kita tahu PNS terdiri pangkat atau golongan, dari mulai golongan IA (pangkat juru muda) hingga IVE (pangkat pembina utama). Dengan adanya jenjang karir yang diklasifikasikan kedalam golongan-golongan tersebut membuat masyarakat ingin menjadi PNS. Jumlah PNS seluruh Indonesia tahun 2011 sebanyak 4,7 juta jiwa angka yang sangat sedikit jika dibanding penduduk Indonesia dengan lebih dari 200 juta jiwa.
PNS, adalah pekerjaan paling diminati di Indonesia.


Sumber:http://boyedittingcrew.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar