MENU

Translator

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kamis, 19 April 2012

HAL-HAL RINGAN BISA MENGURANGI STRESS


Image Credit: imageshack.us
Kesibukan sehari-hari seringkali membuat Anda stres dan tidak mood. Untuk mengatasi hal itu, simak 7 cara yang dapat mengurangi stres, menambah semangat dan energi hanya dalam waktu 5 menit saja. 






















1. Cek Jadwal
Awali hari Anda dengan melakukan ritual sederhana yang dapat membuat Anda merasa tenang dan siap. Menurut Gretchen Rubin, penulis buku ‘The Happiness Project’, “dengan memeriksa ‘to-do-list’ saat akan menjalani rutinitas, rasa khawatir Anda cenderung berkurang selama seharian penuh”.
2. Makan Camilan
Sebelum Anda memulai aktivitas, jangan lupa untuk sarapan terlebih dahulu. Jika terlalu sibuk, cobalah mengambil camilan sehat seperti apel, pisang, anggur, atau roti gandum. Kebiasaan ini dapat buat anda lebih berenergi dan terhindar dari rasa lapar di sore hari.
3. Bersihkan Meja
Tidak perlu merombaknya, cukup dengan mengatur peralatan di atas meja agar tampak lebih rapi. Satukan surat, singkirkan gelas sisa kopi dan undangan acara yang sudah lama. Kerapihan meja kerja dapat membuat Anda lebih rileks dan termotivasi untuk konsentrasi.
4. Mendengarkan Musik
Beberapa penelitian menemukan bahwa mendengarkan musik dapat bantu menurunkan tekanan darah, mengurangi stres dan meningkatkan mood. Musik yang tepat juga bisa mengakibatkan Anda untuk mengubah perilaku menjadi lebih baik dan tenang.
5. Menghirup Lemon
Penelitian asal Jepang menemukan bahwa linalool –zat yang ditemukan dalam lemon– memiliki sifat anti-flamasi dan dapat mengurangi stres. aroma lain seperti kemangi, lavender juga diketahui dapat menurunkan tingkat stres.
6. Peregangan
Angkat lengan ke atas kepala atau berjalan di luar kantor merupakan salah satu cara peregangan. Kebiasaan itu, dapat bantu meningkatkan sirkulasi dan fleksibilitas serta meringankan otot yang tegang akibat stres.
7. Menulis Jurnal
Setelah menjalani waktu seharian penuh dengan aktivitas yang buat stres, tenangkan diri Anda dengan menulis jurnal. Tulis hal-hal apa saja yang Anda syukuri, baik hal besar atau kecil. Bersyukur akan memberikan energi positif sehingga membuat Anda lebih menghargai semua sisi positif dalam hidup.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar