MENU

Translator

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kamis, 05 April 2012

Pohon Interaktif Bereaksi pada Emosi


Kamis, 5 April 2012 07:05 wib
Yoga Hastyadi Widiartanto - Okezone
detail berita
Pohon interaktif (foto: DigInfo)



TOKYO - Sebuah kelompok riset di Keio University menciptakan tanaman interaktif. Tanaman ini dibuat bisa menampilkan emosi dan berkomunikasi dengan orang.

"Tujuan dari sistem ini adalah untuk membuat pohon hidup tampak lebih hidup dan memberi nilai kehadiran yang lebih besar. Untuk melakukan ini, kami memasang aktuator pada pohon, sehingga mereka memiliki aspek yang lebih fisik dan dapat mendorong komunikasi antara pohon dan orang," ujar Furi Sawaki dari Inami Laboratory di Keio University.

"Pohon ini akan digerakkan kabel yang ditarik dua motor. Untuk mengatur waktu gerakan, ada dua sensor yang melekat padanya ditambah mikrofon serta sensor gerak. Gerakan pohon didasarkan pada deteksi sensor," tambahnya.

Diwartakan DigInfo TV, Kamis (5/4/2012), para peneliti telah mengembangkan berbagai jenis gerakan yang menerjemahkan emosi. Pola-pola gerakan dibuat dengan mengoperasikan aktuator dan menyarankan gerakan yang sesuai.

"Penelitian sebelumnya telah menunjukkan jika pohon dielus sekali sehari, pertumbuhan mereka tertekan. Tapi kita sudah melakukan proyek pohon bergerak ini selama hampir setahun dan tidak ada yang layu," tandas Sawaki.

"Kami ingin memiliki pohon yang bergerak bebas. Jadi, kita ingin membuat aktuator yang dapat menangani berbagai jenis, ukuran dan kekuatan pohon," tambahnya.

Bagi yang ingin melihat video pohon interaktif, kilk link ini (fmh)
Sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar