MENU

Translator

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kamis, 12 Juli 2012

Tips Pengelasan


  
Pekerjaan pengelasan gampang2 susah. Untuk teman2 yang belum pernah mencoba sebelumnya, memang cukup sulit, terutama menyalakan awal alat las dan menjalankannya dengan mulus. Hal ini berlaku untuk pengelasan Oxy-acyteline atau Arc Welding.

Berikut ini beberapa tips pengelasan :
1.     Pilihlah nomer welding torch pada Oxy-acyteline, yang sesuai dengan ketebalan pelat / object yang akan di las. begitu juga halnya dengan pemilihan diameter electroda pada pengelasan arc welding. pemilihan besar api yang tepat, tidak akan merusak benda atau object kerja.
2.     Pergunakan kaca mata las, agar tidak terjadi kerusakan mata yang parah untuk jangka waktu lama. Untuk pengelasan arc welding ( las listrik ), pertama kali, umumnya teman2 akan merasakan sakit mata yang lumayan, walau sudah menggunakan kaca mata akibat asap flux dari elektroda las dan cahaya yang terlampau terang pada saat pengelasan berlangsung. Untuk mengobatinya cukup teteskan xendocitrol untuk hasil terbaik agar lebih cepat sembuh. bila sakitnya terlalu menyiksa, dianjurkan meminum analgetik ( penghilang rasa sakit ) atau puyer bintang 7 (bukan bermaksud iklan lho :p) paling murah dan efektif. Umumnya sakit mata ini akan berlangsung sekitar 8 jam, tergantung pada kondisi fisik kita, dan sensitifitas mata kita terhadap asap las.
3.     Usahakan memakai penutup wajah waktu mengelas dalam waktu yang lama, agar kita tidak merasa perih di sekitar wajah karena panas asap cukup untuk membunuh lapisan luar kulit wajah.
4.     Perhatikan besarnya api, jangan sampai terlalu besar, agar object tidak cepat berlobang. jangan juga terlalu kecil, sehingga pengelasan tidak begitu homogen.
5.     Mengingat harga bahan baku yang lumayan dewasa ini, pilihlah ketebalan besi secukupnya, agar tidak terlalu mahal di mata konsumen, dan terlalu beresiko buat kita yang mengerjakan bila terjadi kesalahan, tanpa mengurangi kekuatan barang yang kita buat.
6.     Usahakan penyambungan pengelasan sebaik mungkin, agar tidak terjadi masalah di kemudian hari. terutama untuk barang2 yang terletak di atas, bila jatuh, sangat berbahaya bagi manusia yang ada di bawahnya.
7.     Jangan segan2 untuk membaca buku mekanika teknik, walaupun yang dasar, agar kaedah gaya beban bisa kita perhitungkan, walaupun secara kasar. Menghitung detail memang sulit untuk pengelasan, karena kekuatan las adalah tidak exac, untuk menghitungnya memang harus di test. 
8.     Bila mengukur Pintu besi, yang harus pas dengan dinding, perhatikan kerataan lantai, dan ukur juga diagonal pintu yang akan di buat. pada saat pembuatan, jangan perdulikan siku2, patokan pada diagonal pintu yang kita ukur, niscaya pintu akan pas masuk dengan lobang tembok.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar