MENU

Translator

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Rabu, 11 Juli 2012

Wortel Sebagai Makanan Penunjang Penurunan Berat Badan


Wortel adalah sayuran yang memang sering digunakan sebagai pelengkap dalam menu sayur kita. Tetapi apakah anda tahu di balik dari wortel itu sendiri? Dan disini juga ada beberapa tips untuk anda bagaimana cara memilih wortel yang baik dan segar. Wortel juga merupakan salah satu sayur penting untuk membantu menurunkan berat badan kita, kenapa?
Manfaat Wortel
Manfaat Wortel
Jika Anda tidak memiliki wortel di kulkas Anda, Anda harus memilikinya sekarang karena wortel adalah sayur yang memiliki gizi yang luar biasa. Wortel mengandung sejumlah beta-karoten. Dan zat tersebut bisa digunakan sebagai pengganti lemak dan juga membantu mencerna kekentalan dalam sup, saus, casserole, dan roti. Karena manfaat dari wortel ini, Anda tidak perlu menambahkan lemak dalam makanan anda seperti sup misalnya. Dikarenakan manfaat dari wortel yang luar biasa, banyak sekali ahli yang berkata bahwa, “Wortel menjauhkan kita dari dokter selama 1 hari.”
Apakah mungkin bahwa keberhasilan penurunan berat badan yang konsisten dapat terjadi dengan cara memakan lebih banyak wortel? Dan jawabannya YA!
Manfaat Wortel Untuk Kesehatan
Salah satu zat yang terkandung dalam wortel yang melawan lemak dalam hal ini adalah soluble fiber calcium. Serat fiber ini juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah dengan menghilangkan asam empedu,dan memicu kolesterol untuk bisa ditarik keluar dari pembuluh darah.
Satu wortel mentah diduga mengandung banyak beta carotene, meskipun tidak jelas apakah semua itu dapat digunakan oleh tubuh Anda. Beta-karoten dapat mencegah kanker perut, gangguan rahim dan membantu mencegah penyakit jantung karena antioksidan yang dikandungnya. National Cancer Institute sedang mempelajari seluruh keluarga dari umbelliferous yang wortel termasuk salah satunya. Hasil penelitian terbaru dari Harvard University menunjukkan bahwa orang yang makan lebih dari lima wortel seminggu sangat kecil kemungkinannya untuk mengalami stroke dibandingkan mereka yang makan hanya satu wortel sebulan.
Terakhir, seperti yang sering dikatakan orang tua kita, wortel membantu menyehatkan mata. Retina mata kita membutuhkan vitamin A untuk bekerja dengan baik; kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kebutaan. Meskipun kebanyakan vitamin A juga tidak akan membantu anda melihat lebih baik dari biasanya namun sifat antioksidan pada wortel dapat membantu anda mencegah katarak dan membuat mata Anda tetap sehat.
Cara Memilih dan Menyimpan Wortel Yang Baik
Tanaman-Sayur-Wortel
Tanaman-Sayur-Wortel
Cara memilih wortel yang baik adalah dengan mencari wortel yang memiliki warna orange cerah dan memiliki kulit yang halus. Hindari wortel yang terdapat warna hitam pada kerucutnya dan terlihat lemas karena wortel seperti itu sudah tidak lagi segar. Pilihlah wortel yang ujungnya lancip. Secara umum, wortel yang muda lebih lembut tapi kurang manis dibandingkan yang lebih besar dan matang. Masukkan kedalam kulkas segera setelah anda pulang ke rumah untuk menghindari hilangnya kelembaban pada wortel. Simpan sayuran hijau dan wortel secara terpisah dalam kantong plastik di kulkas anda.
Cara Mengelola Wortel Dengan Baik
Cuci dan bersihkan lah wortel dengan benar sampai kotoran seperti tanah tidak terlihat lagi. Kebanyakan sayuran seperti wortel yang berasal dari akar lebih banyak terkontaminasi oleh pestisida yang biasa digunakan. Anda dapat membersihkannya dengan cara mengelupas kulit luar dari wortel.
Cara terbaik untuk memperoleh manfaat wortel secara maksimal adalah dengan cara mengukus. Potongan wortel pun sebaiknya jangan berbentuk seperti batang korek api, karena dengan seperti itu lebih enak untuk di cerna di dalam mulut.
Wortel dapat dengan mudah ditambahkan ke sup, semur, atau panggang dalam panci dengan daging favorit Anda, karena dapat memberikan vitamin tamabahan ke dalam menu makan anda.
Kesimpulan
Wortel adalah salah satu sayuran yang dapat menunjang penurunan berat badan karena kandunganya yang berupa serat fiber dan juga beta carotene. Manfaat dari wortel dapat kita peroleh secara maksimal dengan cara mengukus maupun dengan membuatnya menjadi sup.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar