MENU

Translator

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kamis, 19 Januari 2012

10 Jenis Makanan Sahabat Jantung


Makanan sehat untuk jantung

VIVAnews - Kehidupan modern sekarang ini sangat identik dengan gaya hidup yang praktis, termasuk dalam mengonsumsi makanan. Ini menjadi salah satu pemicu cara hidup yang tidak sehat.

Tahukah Anda, penyakit jantung yang paling bahaya adalah jantung koroner. Penyakit ini terjadi akibat adanya penyumbatan, sehingga memperkecil pembuluh darah yang memberi  makanan dan mengaliri darah ke dinding jantung. Akibatnya jantung kekurangan makan dan oksigen.

Kini jantung koroner menjadi pembunuh utama di negara-negara industri. Kebiasaan makan tidak sehat, tingkat stres,  tingginya kadarkolesterol dan tekanan darah menjadi penyebab utama.

Untuk menciptakan jantung sehat tidak cukup dengan berolahraga saja, tetapi juga harus memperhatikan pola makan.
Berikut ini adalah daftar makanan yang baik untuk jantung Anda:
1. Sayuran berdaun
Bayam, pok choy, lobak, fenugreek, dan selada, sayuran ini adalah beberapa contoh jenis sayur yang dapat mengurangi penyakit jantung dan kanker. Sebab sayuran ini rendah lemak, kalori dan tingggi serat. Selain itu juga mengandung asam folat, magnesium, kalsium, kalium dan mineral untuk fungsi optimal jantung. Menurut penelitian, konsumsi satu porsi sayuran berdaun dapat menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 11 persen.
2. Oat
Oat adalah salah satu menu pilihan sehat yang baik di pagi hari. Makanan ini tidak hanya membuat perut kenyang dan energik tetapi juga menjadi makanan sehat untuk jantung. Mengandung beta glucan, serat mudah larut dalam tubuh yang membantu menurunkan kolesterol terutama LDL dalam tubuh.
3.Gandum murni
Gandum sangat baik terhaap jantung karena mengandung serat alami, vitamin E, zat besi, magnesium dan antioksidan.
4. Protein kedelai
Kedelai merupakan makanan pengganti yang baik untuk daging merah yang tinggi lemak dan mampu meningkatkan kolesterol jahat dan lemak jenuh pada jantung.
5. Minyak zaitun
Mengkonsumsinya secara rutin dapat menurunkan ion LDL dalam tubuh. Minyak zaitun adalah salah satu minyak yang sehat untuk jantung. Minyak zaitun dengan jenis Extra Virgin lebih banyak mangandung polifenol dibandingkan jenis lainnya.
6. Tomat
Tomat merupakan sumber vitamin yang berfungsi untuk membersihkan darah. Vitamin K dalam tomat berfungsi untuk mencegah terjadinya pendarahan. Akan lebih baik jika dikonsumsi pada saat segar.
7. Apel
Konsumsi satu buah apel per hari akan membantu mencegah terjadinya pembekuan darah.
8. Almond
Mengandung vitamin B17, E dan mineral seperti magnesium, zat besi, dan merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik dalam tubuh.
9. Anggur merah
Mengkonsumsinya dalam jumlah yang tidak berlebih dapat berdampak positif pada kesehatan jantung karena mengandung antioksidan yang disebut dengan resvaratrol. Di samping itu anggur merah juga mengandung flavonoid.
10. Cokelat
Cokelat yang baik adalah cokelat yang mengandung sedikit lemak dan tinggi cocoa. Cokelat hitam atau dark chocolate adalah jenis cokelat yang biasa dikonsumsi sehari-hari. Mengkonsumsi sekitar 150 kalori cokelat yang mengandung 60 persen kandungan cocoa bisa menjadi bagian diet sehat untuk para penderita penyakit jantung. (umi)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar