MENU

Translator

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kamis, 02 Februari 2012

Bluing atau Bronir/ Blackening


HOT BLUING (u/besi dan baja)
Bahan : 
1. Caustic Soda 4kg
2. Na Nitrite 1kg
3. Na Nitrate 1kg
4. Aquadest 6ltr

Cara Penggunaan:
1.Bahan 1-4 dicampur ke wadah stainless steel.
2.Panaskan hingga suhu 135'c, aduk hingga semua larut.
3.Masukkan besi yg akan dihitamkan sampai warna berubah mjd hitam (3-5 menit) tergantung tingkat kehitaman yang diinginkan. Jangan terlalu lama, bisa menyebabkan warna menjadi kekuningan)
4.Keringkan, dan oles dengan oli.

Persiapan besi yg akan dihitamkan:
1.Bersihkan besi dari kotoran dan minyak/oli.
2.Amplas besi sampai mengkilap.
3.bersihkan lagi kotoran dan semua minyak dengan ACETON (gunakan sarung tangan pada tahap ini sampai selesai, untung menghindari minyak dari tangan melekat di besi)
4.Besi siap diproses bluing.
       

Image Source: http://elmtreeforge.blogspot.com







COLD BLUING

Bahan dan tahap pengerjaaan.
1. Active Cleaner (Menghilangkan minyak)
2. Phosporic Acid (Menghilangkan karat)
200gr/ltr aquadest (20%)
3. E-Prep 258 (Aktivator)
200ml/ltr aquadest (20%)
4. Instablak 333 (Menghitamkan besi)
100ml/ltr aquadest (10%)
5. E-Tech 520 (Coating)

** Setiap perpindahan tahap (1-5) besi dibilas dengan air.
** Tahap 3-5 pencelupan +- 5 menit.




 



Sumber:http://forum.detik.com

10 komentar:

  1. kalo pengen pake jasa bronir dmn ya yang ada dijakarta?

    BalasHapus
  2. cari bahan susah mas bro pdhal dah muter dibuanyak toko kimia.. innsta blak nya juga susah.. nyari dimana ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo nyari ya susah nya minta ampun mas bro,..... maklum ga ada yg buang,...... tp kalo beli yaaa banyak lah yang jual,....peace,... becanda yaaaaa... :)

      Hapus
  3. kalau untuk logam kuningan apakah sama penerapan nya ?

    BalasHapus
  4. BUAT KAWAT APA AJA BAHANYA ...APA AJA YG MESTI DI PAKE

    BalasHapus
  5. Untuk logam yang di lapis kuningan ( BRASS ),Lapis Silver,Lapis Perunggu bisa ga dengan cara ini?

    BalasHapus
  6. Pak sya mau belajar, boleh pak?

    BalasHapus
  7. Untuk jasa broner/blackening ada nggak di jakarta, kalau ada dimana alamat atau no telp yang bs dihubungi

    BalasHapus
  8. Untuk jasa broner/blackening ada nggak di jakarta, kalau ada dimana alamat atau no telp yang bs dihubungi

    BalasHapus
  9. Untuk jasa broner/blackening ada nggak di jakarta, kalau ada dimana alamat atau no telp yang bs dihubungi

    BalasHapus