Sebuah faktur proforma dan faktur komersial dibandingkan, berarti faktur yang dibuat sebelum penjualan telah benar-benar terjadi.Ketika membedakan faktur proforma atau performa pemahaman latin mungkin digunakan: pro umumnya berarti sebelum, sementara per umumnya berarti setelah fakta. Ini adalah perbedaan utama antara faktur proforma vs komersial. Proforma invoice, didefinisikan sebagai faktur yang disediakan oleh pemasok sebelum menyediakan barang atau jasa atau faktur yang dikirim ke pelanggan sebelum mereka menerima produk, memiliki lebih dari satu kegunaaan. Untuk pelanggan melayani dua tujuan utama. Pertama, faktur proforma memungkinkan pelanggan untuk melihat perkiraan pada apa faktur mereka akan: biaya produk, biaya pengiriman, biaya pemrosesan, dan banyak lagi. Kedua, format faktur proforma adalah catatan yang akan disampaikan kepada agen bea cukai ketika mencoba mengimpor atau mengekspor barang.Faktur proforma pada dasarnya mengandung banyak informasi yang sama dengan kutipan formal, dan dalam banyak kasus dapat digunakan di tempat satu. Ini harus memberikan pembeli informasi banyak tentang urutan sebagai pengaturan mungkin sehingga dapat dibuat efisien. Faktur menginformasikan pembeli dan pemerintah otoritas impor sesuai rincian pengiriman masa depan, perubahan tidak boleh dilakukan tanpa persetujuan pembeli.Seperti disebutkan untuk kutipan, poin yang akan dimasukkan dalam proforma adalah :
PROFORMA INVOICE
YOUR BUYER’S NAME
(In addition , you may show warranty information , your bankers details , weight & dims of shipment etc.)Sumber:http://blanker.org, http://www.air7seas.com, http://www.wikicfo.com
- Nama dan alamat Penjual
- Nama dan alamat Pembeli
- Referensi Pembeli
- Kutipan Produk
- Harga item per unit dan total diperpanjang
- Berat dan kutipan dimensi produk
- Diskon, jika berlaku
- Persyaratan penjualan atau Incoterms yang digunakan (termasuk titik pengiriman)
- Ketentuan pembayaran
- Perkiraan tanggal pengiriman
- Validitas tanggal
PROFORMA INVOICE
YOUR COMPANY NAME, Inc.
YOUR ADDRESS , TEL / FAX etc.
DATE:
Sold To:
YOUR BUYER’S NAME
ADDRESS , CONTACT etc.
COMMODITY DESCRIPTION UNIT PRICE TOTAL USD
1. $A
2. $B
3. $C
Export Packing, Trucking, Handling, Documentation etc. USD $D
Total F.O.B (Type the Port of Exit) (Add A Thru D) USD $E
Freight (Specify by Air or Sea) $F
Insurance (on 110% amount of the C.I.F. value) $G
Total C.I.F. (Type the Overseas port) (Add E Thru G) USD $H
Terms of Payment:
By Irrevocable Letter of Credit for 100% of Invoice value. Please follow the attached
Instructions for Letter of Credit .
(you may insert in above text any other terms you wish i.e. Confirmed L/C, Sight Draft, Term Draft)
Delivery:
From 4 to 6 weeks from the receipt of Letter of Credit
(change the period as needed but do not go for less then above in case of L/C, even though you may be shipping your goods in 2 days.)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar