MENU

Translator

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Rabu, 01 Februari 2012

Sepuluh Makanan Yang Bagus Agar Tulang Kuat


 Agar tulang tumbuh normal dan kuat harus dijaga pertumbuhan dan kesehatannya sejak masa anak-anak. Makan makanan yang tepat dapat menjaga tulang tumbuh sehat dan kuat. Selain makanan yang tepat, olahraga dan sinar matahari juga merupakan faktor penting lainnya.

Kalsium dan Vitamin D
Makanan yang baik untuk kesehatan tulang pada dasarnya terdiri dari dua hal, yaitu kalsium dan vitamin D. Kalsium merupakan mineral penting bagi tubuh agar berfungsi dengan baik, dan kalsium 
disimpan dalam tulang. Vitamin D diperlukan oleh tubuh untuk menyerap kalsium. Tidak mendapatkan cukup kalsium dalam makanan dapat menyebabkan tulang menjadi rapuh, yang membuat anda rentan terhadap patah tulang dan penyakit yang berhubungan dengan tulang.

Berikut adalah beberapa bahan makanan yang bagus untuk menjaga tulang anda tetap sehat dan kuat:

1. Susu
Semua orang tentu sudah paham bahwa susu sangat baik bagi tulang. Satu cangkir susu memiliki sekitar 30 persen dari kalsium yang Anda butuhkan setiap hari. Selain itu, susu yang dijual di toko-toko biasanya sudah diperkaya dengan vitamin D, sehingga mempunyai dua khasiat sekaligus.

2. Sayuran Berdaun Hijau Gelap

Sayuran berdaun hijau gelap, seperti kangkung, dan selada air merupakan sumber kalsium non-susu yang baik. Tetapi harap diperhatikan bahwa bayam (biasanya dimasukkan dalam kelompok sayuran ini) mengandung asam oksalat, yang membuat dapat kalsium yang tidak diserap oleh tubuh manusia.

 


3. Ikan salmon
Vitamin D, yang penting untuk kesehatan tulang Anda, jarang ditemukan di alam. Ikan berlemak, seperti salmon, mungkin sumber terbaik Vitamin D yang berasal dari alam. Satu porsi salmon saja akan memberikan Anda semua vitamin D yang dibutuhkan dalam sehari. Selain itu, jika anda mengkonsumsi salmon kalengan, tulang ikan salmon yang sudah lembut tentu ikut termakan juga, dan tulang itu penuh dengan kalsium.

 

4. Ikan lele
Ikan lele banyak dikomsumsi masyarakat, selain harganya murah ikan ini juga merupakan sumber vitamin D yang baik. Dalam 100 gram daging ikan lele mengandung 15 mg kalsium, sehingga lele sangat baik untuk menguatkan tulang.

5. Almond

Dari semua kacang-kacangan dapat Anda temukan di bahan makanan lokal, almond memiliki jumlah tertinggi kalsium per porsi. Anda bisa mendapatkan manfaat kalsium yang sama dari mentega almond. Dan sebagai bonus, mentega almond memiliki kolesterol dan rendah lemak dan tinggi dalam protein daripada selai kacang
.


6. Keju

Ini cukup sederhana: Keju terbuat dari susu. Susu memiliki banyak kalsium, berarti keju juga memiliki banyak kalsium. Selain itu keju tersedia dalam berbagai jenis tinggal anda pilih mana yang anda suka. Mozzarella memiliki jumlah kalsium sangat tinggi. Untuk pilihan sehat, cobalah keju terbuat dari susu skim.


7. Yogurt

Yogurt merupakan produk kuliner kuno, memiliki sejarah panjang dimulai sekitar 2.000 SM. Karena 
proses persiapan yoghurt, makanan ini juga mengandung kalsium lebih tinggi daripada susu. 

Selain itu jika anda bermasalah dengan susu, misalnya selalu diare setiap kali minum susu, dapat digantikan dengan yoghurt. Kejadian diare ini disebabkan karena lactoce intolerence. Penyebabnya adalah defisiensi / kekurangan enzim pencerna laktosa. Sehingga setiap kali minum susu, butiran laktosanya akan tertinggal di permukaan lubang usus halus dan menyerap air dari sekitarnya yang kemudian memunculkan diare. Dalam yoghurt, laktosa susunya sudah dipecah oleh bakteri "baik" Lactobacillus bulgaricus melalui proses fermentasi, hingga mudah diserap tubuh. 

8. Ikan Tuna
Tuna adalah ikan berlemak lain yang sarat dengan vitamin D. Ikan yang menyehatkan ini juga mengandung nutrisi bermanfat lainnya dalam jumlah tinggi seperti kalium, magnesium, dan asam lemak omega-3. Dan karena berasal kaleng, mudah untuk menemukan, mudah di dompet, dan sederhana untuk menambah diet Anda.

9. Telur

Telur mengandung sejumlah vitamin D yang bagus dan dapat meningkatkan kesehatan tulang anda. Vitamin D ditemukan dalam kuning telur saja, jadi jika anda hanya mengkonsumsi putih telur saja, manfaat vitamin D tidak akan anda dapatkan. 

10. Brokoli

Brokoli merupakan sumber vitamin D selain susu dan sayuran berdaun hijau gelap. Kandungan kalsiumnya hampir setara dengan kalsium dalam segelas susu (71.8 mg kalsium brokoli sama dengan 120 ml kalsium susu). Dan brokoli tidak hanya berkhaiat buat tulang saja, juga merupakan sumber vitamin C, serat, dan nutrisi yang mengandung sifat melawan kanker.


sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar