MENU

Translator

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Rabu, 22 Februari 2012

Perbaiki Mood Lewat Makanan


shutterstock
Kompas.com - Tahukah Anda bahwa makanan memiliki peran besar khususnya dalam memengaruhi mood atau suasana hati? Cemas, gelisah, atau depresi mungkin bisa jadi tanda bahwa suasana hati Anda sedang tidak baik. Tapi tidak perlu khawatir, Anda bisa meningkatkan mood dengan mencoba beberapa makanan berikut ini:

* Kerang
Kerang memiliki tingkat kandungan vitamin B12 yang tinggi dan berfungsi melindungi otak Anda tetap sehat dan tajam seiring bertambahnya usia. Disamping itu, makanan laut itu juga memiliki nutrisi penting seperti zinc, yodium dan selenium untuk menyeimbangkan mood Anda. Senyawa tersebut sangat penting untuk menjaga kadar tiroid Anda dan mengatur suasana hati tetap pada jalurnya. 

* Kentang biru
Kentang jenis ini memang cukup jarang ditemukan. Perlu diketahui, warna biru pada kentang mengandung senyawa yang disebut anthocyanin (yang terdapat juga pada kentang biasa). Anthocyanin merupakan jenis antioksidan kuat yang memberikan manfaat neuro-protektif, yang berfungsi memperkuat memori dalam jangka pendek dan sebagai anti inflamasi.

Pastikan juga bahwa Anda memakan kulitnya. Kulit kentang sarat dengan yodium dan sekaligus dapat membantu mengatur kadar tiroid dan pengatur suasana hati. Jika memungkinkan, sebaiknya pilih kentang organik.

* Daging domba
Binatang pemakan rumput ini ternyata memiliki tingkat kandungan asam linoleat terkonjugasi yang tinggi. Senyawa tersebut dapat menormalkan kembali hormon stres, melindungi sel-sel otak serta mengatasi peradangan berbahaya kata Drew Ramsey, MD, seorang asisten profesor Psikiatri dari Columbia University College of Physicians and Surgeons.

Menurut Ramsey, daging domba memiliki kandungan zat besi heme (yang biasa ditemukan dalam makanan produk hewani)  dan paling mudah diserap tubuh. Keberadaan mineral ini sangat penting khususnya untuk menjaga mood Anda tetap stabil. 

* Coklat hitam
Mungkin Anda pernah bertanya-tanya mengapa setelah makan coklat tubuh terasa lebih baik? Tentu, selain karena rasanya yang enak, coklat juga dapat membuat konsentrasi dan mood Anda meningkatkan. Ketika aliran darah ke otak meningkat, hal ini membantu Anda merasa lebih bersemangat dan berenergi. 

Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan dalam Journal of Psychopharmacology menemukan bahwa makan sedikitnya beberapa ons cokelat gelap sehari dalam suasana hati yang lebih baik.

* Yogurt Yunani
Jika dibandingkan dengan susu atau yogurt pada umumnya, yougurt Yunani memiliki kandungan kalsium lebih tinggi. Selain itu, makanan ini juga dapat membuat Anda merasa lebih bahagia. Tingkat asupan kalsium yang tepat akan membantu tubuh melepaskan neurotransmitter. 

"Gangguan pada kalsium dapat menghasilkan kecemasan, depresi, mudah marah, gangguan memori, dan berpikir lambat," kata Dr Ramsey. Kandungan probiotik pada yogurt juga dapat membantu memperbaiki sistem pencernaan dan menangkal penyakit seperti flu.

* Asparagus
Tanaman ini merupakan salah satu sumber utama penghasil triptofan, yang membantu dalam pembentukan serotonin - salah satu pengatur neurotransmiter pada otak. Tingkat tinggi folat pada asparagus juga dapat mempromosikan kebahagiaan. Sebuah riset menunjukkan bahwa lebih dari 50 Persen pasien depresi mengalami kekurangan folat.

* Madu
Konsumsi gula diketahui dapat merilis radikal bebas berbahaya yang terkait dengan penyakit kanker. Meski pun rasa madu manis seperti gula, tetapi madu memiliki kandungan bermanfaat seperti kuersetin dan kaempferol yang dapat membantu membersihkan radikal bebas dan mengurangi peradangan.
"Madu membantu mengurangi peradangan, yang sangat penting untuk menjaga otak Anda tetap sehat," jelas Dr Ramsey.
* Tomat 
Semua jenis tomat adalah sumber likopen, lemak larut phytonutrisi yang membantu melindungi lemak otak vital. Nutrisi ini juga dapat menghentikan penumpukan proses inflamasi yang dikaitkan dengan risiko depresi. Dr Ramsey menjelaskan, untuk memaksimalkan penyerapan senyawa likopen (yang terkandung pada tomat) pada tubuh, Anda dapat memasaknya terlebih dahulu dengan minyak zaitun.

* Telur

Dr Ramsey menyebut bahwa telur makanan yang sempurna. Telur dapat mempromosikan mood seseorang dengan kandungan nutrisi penting didalamnya seperti omega-3 asam lemak, seng, vitamin B, dan iodida, yang juga akan membuat Anda kenyang dan berenergi.

Pilihlah telur yang dalam proses pembuatannya tidak menggunakan berbagai macam hormon (seperti hormon progesteron) dan obat-obatan supaya ayam cepat tumbuh dan memproduksi banyak telur.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar