MENU

Translator

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Jumat, 10 Februari 2012

Cara Asyik Menjaga Jantung Tetap Kuat



Jakarta, Jantung merupakan salah satu organ tubuh yang terbilang penting dan patut dijaga agar tetap sehat. Tapi jangan khawatir, karena ada cara asyik yang bisa dilakukan untuk membuat jantung tetap kuat.

Peneliti di Inggris dan Amerika melakukan studi terhadap 8.000 pegawai negeri untuk menilai tingkat kepuasannya dalam 7 bidang yaitu pekerjaan, hubungan perkawinan atau cinta, kehidupan keluarga, seks, kegiatan rekreasi, standar hidup dan citra diri.

Setelah melakukan penelitian selama 1 dekade didapatkan hasil laki-laki yang merasa puas dengan kehidupan seks yang baik, pekerjaan, keluarga atau dirinya sendiri bisa mengalami penurunan risiko penyakit jantung sebesar 13 persen.

"Pekerjaan yang menyenangkan atau kehidupan seks yang memuaskan bisa memberikan manfaat perlindungan bagi jantung," ujar Julia Boehm, PhD, penulis penelitian dan psikolog di Harvard School of Public Health, seperti dikutip dari Menshealth, Jumat (10/2/2012).

Jika pekerjaan yang dimiliki saat ini membuat seseorang stres, maka cobalah menemukan cara untuk mengurangi kadar stres tersebut. Setiap orang kadang memiliki cara yang berbeda-beda.

Jika memang sudah menikah, tak ada salahnya untuk melakukan hubungan seks secara teratur dengan pasangan. Selain bisa membuat jantung tetap kuat, kegiatan ini juga dapat meningkatkan keintiman antar pasangan.

Hal lain yang bisa dilakukan adalah menyempatkan diri untuk melakukan hobi seperti memotret objek-objek tertentu, traveling, mencoba menu baru atau hanya sekedar mendengarkan musik favorit di kamar sambil membaca buku.

Dr Boehm menuturkan denyut jantung serta penanda inflamasi telah dikaitkan dengan kesehatan psikologis dan jantung. Hal ini menunjukkan jika seseorang merasa puas dengan kehidupannya maka ia bisa melindungi jantungnya dari penyakit.

Jadi jika memiliki penampilan atau bakat, tak ada salahnya untuk menunjukkan bakat tersebut lebih sering. Sedangkan untuk meningkatkan kesehatan mental dan kadar stres lebih rendah bisa melakukan meditasi selama 20 menit sehari yang mampu menurunkan depresi serta kecemasan sebesar 25 persen.

Selain itu untuk lebih meningkatkan kesehatan jantung, tak ada salahnya melakukan olahraga secara teratur, menjaga pola makan seimbang serta menghentikan kebiasaan buruk seperti merokok atau minum alkohol.

Sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar