MENU

Translator

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Selasa, 14 Februari 2012

Fakta Unik Tentang Mawar

Bunga Mawar, merupakan salah satu bunga yang cukup terkenal di dunia. Bunga mawar sering diidentikkan dengan perasaan sayang atau cinta kepada seseorang. Kesan romantis pun timbul dari keindahan warnanya. Selain itu, wangi harum yang dimilikinya tak ayal menjadikan bunga ini hadiah yang pas untuk seseorang yang kita anggap spesial. Nah sebelum membelinya di toko bunga atau memetiknya dari taman, tak ada salahnya bila sobat membaca beberapa fakta unik yang telah dirangkum Rendra tentang tanaman mawar ini.



# Fakta Unik Tentang Mawar 1
Ada lebih dari 15.000 spesies tanaman mawar berbeda yang dibudidayakan di seluruh dunia. Fosil tanaman mawar tertua ditemukan di Florissant Colorado. Fosil tersebut diprediksi pernah hidup sekitar 35 juta tahun yang lalu.

# Fakta Unik Tentang Mawar 2
Tanaman mawar ternyata masih satu keluarga(family) dekat dengan buah-buahan seperti apel, pir, chery dan almond. Fakta lain yang mengejutkan adalah kelopak bunga mawar ternyata malah mengandung lebih banyak vitamin C daripada buah-buahan tadi!

# Fakta Unik Tentang Mawar 3
Tanaman mawar tertua yang diketahui masih hidup hingga sekarang berada di Katedral Hildeshiem di Jerman yang telah mampu bertahan hidup lebih dari 100 tahun!
Katedral Hilseim dimana mawar berumur lebih dari 1000 tahun hidup
# Fakta Unik Tentang Mawar 4
Awak kapal Christoper Columbus secara tak sengaja menemukan batang tanaman mawar di lautan pada tanggal 11 Oktober 1492. Tentu saja hal tersebut menjadi berita yang sangat menggembirakan bagi seluruh kru kapal karena batang tanaman mawar tersebut pastilah menunjukkan adanya suatu daratan yang kemudian sekarang kita kenal sebagai Benua Amerika.

# Fakta Unik Tentang Mawar 5
Pada tahun 1986 Presiden Amerika Serikat Ronald Reagan meresmikan bahwa bunga mawar sebagai Bunga Nasional negaranya. Di Amerika Serikat sendiri, sekitar 400 hektar tanaman mawar dipanen setiap tahunnya dari rumah-rumah kaca. Karena itu tak perlu heran bila 85% konsumen mawar di dunia adalah dari Amerika Serikat.

# Fakta Unik Tentang Mawar 6
Harga rata-rata satu lusin bunga mawar adalah Rp. 70.000. Pada tahun 1898 ketika terjadi inflasi harga satu lusin batang mawar pernah mencapai sekitar Rp. 360.000. Untuk saat ini, penjualan tanaman mawar akan meningkat ketika hari Valentine atau hari ibu hingga 42%.

# Fakta Unik Tentang Mawar 7
Berdasarkan mitologi Yunani, duri yang tumbuh pada permukaan batang tanaman mawar disebabkan karena anak panah yang dilesatkan oleh Cupid meleset dan secara tak sengaja malah mengenai batang tanaman mawar tadi. (Hehehe lucu yah kok bisa sampai meleset….)

Fakta Unik Tentang Mawar 8
Biasanya mawar berwarna pink, merah, kuning, oranye atau putih kini ada yang berwarna biru.Mawar Biru Mistis akhirnya di pasarkan di Amerika dan Kanada awal September 2011. Mawar bernama ‘Applause’ ini diciptakan menggunakan modifikasi genetik guna mensintesis pigmen yang ditemukan pada bunga biru bernama delphinion. Meski kadang tampak berwarna ungu, ilmuwan mengklaim warna bunga ini terdekat dengan warna biru.

Going on sale: The blue rose will be available in selected American florists from early November

Sebelumnya, satu-satunya mawar biru yang tersedia merupakan mawar biru yang diwarna. Hal ini dikarenakan alam tak bisa menghasilkan pigmen biru. Setelah 20 tahun bereksperimen, perusahaan Jepang Suntory Ltd akhirnya membuat terobosannya pada 2009.
Tiap bunga ini dijual seharga GBP 15-20 (Rp200-300 ribu) dan penggunaannya sangat ketat hanya untuk acara tertentu saja.


Sejak dulu seperti ditulis Dailymail, mawar biru menjadi benda mistis karena memang mustahil menumbuhkannya secara alami.

Fakta Unik Tentang Mawar 9
Ada banyak arti di balik setangkai mawar, mulai rasa tulus, sukacita, kasih sayang bahkan dukacita. Namun di balik semua itu, ada makna cinta yang tersirat di dalam mawar.Keanekaragaman warna bunga mawar seringkali mengungkapkan banyak arti. Agar tak terjadi salah pengertian, sebelum memberi kenali arti warna dibalik keelokan bunga mawar.

Mawar Merah (Red Rose): menyatakan perasaan cinta, simbol penghargaan dan keberanian

Mawar Merah Muda (Pink Rose):menggambarkan kebahagiaan.menyatakan terima kasih,mengungkapkan perasaan kagum dan simpati

Mawar Peach (Peach Rose)menyatakan rasa pertemanan dan persaudaraan, kekaguman, serta penghargaan
Kuning (Yellow Rose): menggambarkan cinta platonik dan konon di beberapa negara bisa menjadi lambang kecemburuan
Mawar Putih (White Rose)memiliki arti seperti kesucian, kerendahan hati, penghormatan, serta penghormatan. Mawar putih merupakan warna yg paling netral di berbagai situasi dan kondisi.

 

Mawar Oranye ( Orange Rose) : melambangkan antusiasme dan semangat.memberitahukan orang lain bahwa anda ingin mengenal orang tersebut secara lebih dalam.

Fakta Unik Tentang Mawar 10
Bunga Mawar yang dipilih oleh Shakespeare dalam kutipannya yang terkenal   (Juliet:"What's in a name? That which we call a rose. By any other name would smell as sweet.")  tentang arti sebuah nama. Bukannya bunga melati, anggrek atau bangkai hehehe...Shakespeare memuja bunga mawar yang dianggap melambangkan keperkasaan. Kuntuman mawar dengan daun dan tangkai batangnya yang berduri melambangkan kegagahan yang menyatu dengan keindahan dan keharuman.

Fakta Unik Tentang Mawar 11
Sappho, seorang penyair Romawi menggelarkan bunga mawar sebagai Ratu segala jenis bunga? karena mawar dianggap sebagai lambang kesucian dan keimanan.


Fakta Unik Tentang Mawar 12
Bunga mawar sering dijadikan objek lukisan oleh banyak pelukis. Pelukis Perancis bernama Pierre-Joseph Redout terkenal dengan lukisan berbagai spesies bunga mawar yang digambar dengan sangat teliti.









Sumber:http://nadya.student.umm.ac.id/18/
http://kaskus-forum.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar